Geliat Belut Jepang

Salam Belutter !!!

Belut Jepang, Unagi… ???


Yah…. Itulah salah satu nama populer tentang sidat. Bukan karena asal belutnya dari jepang tapi karena jepang adalah salah satu produsen terbesar untuk pasar sidat kita ini.
Setelah 3 tahun kami uji coba dalam pendederan glasseel dg segala resiko dan suka dukanya, awal tahun 2011 kami mencoba pembesaran sidat dari ukuran elver dan fingerling alhamdulillah hasilnya cukup menggembirakan walaupun pada masa awal-awal tebar kami cukup distresskan dengan mortalitas kematiannya yg cukup tinggi, tetapi hasilnya tergolong lumayan bagi pemula. kini kami semakin PD saja untuk konsen dalam pendederan dan pembesaran sidat dalam skala ekonomi, apalagi pasarnya sudah sangat terbuka sekali baik untuk pasar lokal maupun eksport.
Dari pengalaman pembesaran sidat yang kami lakukan, benih sidat dari hasil pendederan glassell dan Rekondisi dari Elver dan fingerling yang hasilnya sangat baik, itu terbukti pada mortalitas kematiannya yang hanya 2-15% saja hingga masa panen.
Sedangkan pembesaran sidat yang benihnya langsung dari alam mortalitas kematiannya cukup tinggi 30-50% mulai dari penyesuaian lingkungan sampai adaptasi pakan, ini terjadi pada masa awal tebar dalam jangka waktu 3 hari sampai 1 bulan. Lamanya adaptasi pada sidat ini tergantung pada system penanganganan awal petani penangkap, pengepul barang dan tekhnik dalam pengiriman barang. Semakin lama sidat disimpan di petani/penangkap maka kualitas hidup sidatnya semakin menurun apalagi apabila kolam penampungannya juga yang tidak memadai dan ditambah perlakukan kasar dan sembarangan terhadap sidat yang ditampungnya.

Kini anda tidak usah khawatir dengan pasokan benih sidat untuk pembesaran karena kami kini menyiapkan benih sidat hasil pendederan dan rekondisi mulai dari ukuran elver sampai konsumsi.
Keuntungan benih sidat dan sidat konsumsi dari kami adalah:
1. Pakan utama sudah bisa dengan Pasta dan pelet
2. Harga pelet relative terjangkau dan mudah dicari karena kami lakukan pengoplosan dari pakan pelet yang lebih murah, medium hingga yang lebih mahal dan semuanya tersedia di toko-toko pertanian di wilayah anda.
3. Ukuran dan grading hampir rata karena kami lakukan penyortiran berkala sehingga mengurangi persaingan yang menonjol antara yang kecil dan yang besar dalam menyantap makanan yang diberikan.
4. Mortalitas kematian insyaalloh rendah sesuai pengalaman yang sudah kami lakukan hanya 2-15%.
5. Adaptasi sangat cepat karena sudah biasa dengan habitat air tawar.
6. Satu hal kelebihan dari sidat konsumsi yg hasil budidaya, ternyata kandungan minyak dalam tubuhnya lebih banyak ketika dilakukan proses pembakaran / olahan kabayaki (Menurut pengakuan Cheef dari jepang).

9 Responses to Geliat Belut Jepang

  1. topa says:

    Salam Beluters,

    Info yang sangat menarik sekali, 2,5% angka kematiannya luar biasa.

    Saya tertarik atas infonya, apakah bisa berkunjung ke tpt peternakannya, karena saya tinggal di cibubur dan saat ini sedang melakukan kolam percobaan belut di daerah pd ranggon.

    Salam,

    Topa

  2. dani says:

    kebetulan saya sudah membuat 3buah kolam tembok dgn ukuran masing2 , 2x8m, tdi nya untuk kolam belut di karenakan susah mencari medianya, jdi Inssya ALLAH buat kolam sidat..nuhun

  3. untuk tokyo, taipei, narita, amsterdam, inchoen dan ibukota negara lain kami siap handle dng pelayanan yg memuaskan dan harga yang bersaing…berminat…,,? please ctc to us at email :
    bukhorikori139@yahoo.co.id

    thanks

    best regards

    xpdc sidat mania

  4. saya tunggu info request ordernya
    thanks

    best regards

    xpdc sidaters mania worlwide

  5. adib says:

    saya ingin sekali beternak belut, tp saya masih awam.
    Bisa tolong kasih info dimana bisa beli bibit belut yg bgus dan bgamana carax…

  6. arief says:

    gan, cr trnak lgkapny bs dlht dmana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: